ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K) DI PUSKESMAS SIMPANG PANDAN KECAMATAN GERAGAI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 2019

  • Lidya Kurniasari Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: pencegahan komplikasi, Program Perencanaan persalinan

Abstract

AKI di Indonesia terbilang sulit untuk diturunkan. Salah satu kendalanya adalah kurang meratanya tenaga terlatih untuk membantu persalinan. Salah satu upaya untuk menurunkan AKI yaitu dengan Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K) Ibu Hamil yang merupakan upaya terobosan membangun potensi masyarakat, khususnya kepedulian masyarakat untuk persiapan dan tindak penyelamatan ibu dan bayi baru lahir.

Tujuan dari penelitian ini adalah Analisis Pelaksanaan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Puskesmas Simpang Pandan Kecamatan Geragai Kebupaten Tanjung Jabung Timur Tahun 2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan melihat (input, proses, output) dalam Analisis Pelaksanaan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K). Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, telaah dokumen, observasi dan FGD.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tenaga yang terlibat dalam Analisis Pelaksanaan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Puskesmas Simpang Pandan Kecamatan Geragai Kebupaten Tanjung Jabung Timur Tahun 2019 adalah kepala Puskesmas, Bidan Koordinator, Bidan Desa, kader dan Tokoh Masyarakat. Metode yang digunakan secara bertahap, sarana dan prasarana sudah memadai, perencanaan dilakukan oleh kepala Puskesmas dengan melibatkan bidan coordinator, pelaksanaan dilakukan oleh bidan desa dan kader, tindak lanjut tidak dilakukan pelaporan.

Diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi untuk lebih meningkatkan lagi Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi Persalinan (P4K).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-09