FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD RADEN MATTAHER TAHUN 2019

  • Matda Yunartha Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Standar pelayanan minimal, waktu tunggu

Abstract

Salah satu standar pelayana di rumah sakit adalah waktu tunggu. RSUD Raden Mattaher sebagai rumah sakit rujukan tertinggi di Provinsi Jambi dengan kunjungan yang semakin meningkat dan hal ini akan berdampak pada waktu tunggu pasien menjadi lebih lama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor - faktor yang berhubungan dengan waktu tunggu pelayanan resep pasien  rawat jalan tahun 2019.

Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 98 sampel.

Hasil penelitian ini diketahui waktu tunggu rata-rata obat jadi sebesar 40,1 menit dan obat racikan 65,3 menit. Untuk sumber daya manusia sebanyak  37 responden (37,8%) menyatakan tidak sesuai dan sebanyak 61 responden (62,2) menyatakan sesuai, 59 responden (60,2%) menyatakan sarana / fasilitas tidak sesuai dan 39 responden (39,8%) sesuai. Untuk jenis obat racikan sebanyak 49 resep (50%) dan obat jadi sebanyak 49 resep (50%), sebanyak 62 jumlah resep (63,3%) tidak sesuai dan sebanyak 36 jumlah resep (36,7%) sesuai. Hanya 9 resep (6,1%) tidak sesuai dengan prosedur kefarmasian dan 92 resep (93,9%) sesuai.

Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa waktu tunggu pelayanan resep di instalasi  rawat jalan masih belum sesuai sehingga diharapkan agar Instalasi rawat jalan dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar mencapai waktu tunggu pelayanan yang tepat.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-09