HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PEMBERIAN MP-ASI ≥ 6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KONI KOTA JAMBI TAHUN 2018

  • Eprina Intami Universitas Adiwangsa Jambi
  • Tri Wahyuni Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: MP-ASI, Pengetahuan

Abstract

Beberapa penelitian seperti Riskesdas, menyatakan bahwa keadaan kurang gizi pada bayi dan anak sebesar 31%, disebabkan karena kebiasaan pemberian MP-ASI yang tidak tepat dan ketidaktahuan ibu tentang manfaat dan cara pemberian MPASI yang benar sehingga berpengaruh terhadap pemberian MP-ASI, sebesar 32% merupakan angka ibu yang memberikan makanan tambahan kepada bayi berumur 2–-3  bulan, seperti bubur nasi, pisang, dan 69% terhadap bayi berumur 4–-5 bulan (Nakita, 2017).

Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dengan pemberian MP-ASI ≥ 6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Koni Kota Jambi tahun 2018. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Pukesmas Koni Kota Jambi dan telah dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi umur ≥ 6 bulan yang berkunjung ke Puskesmas Koni Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara pengetahuan ibu dengan pemberian MP-ASI paa bayi usia ≥ 6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Koni Kota Jambi dengan nilai p value 0,006.

Diharapkan petugas kesehatan melakukan penyuluhan kesehatan mengenai pemberian MP-ASI agar pengetahuan yang responden dapatkan dapat diterapkan dan tidak salah dalam melakukan pemberian MP-ASI pada bayi dan mengajak pada kader untuk berperan aktif dalam memberikan informasi mengenai pemberian MP-ASI.   

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-08