PEMANFAATAN KAPUR TOHOR PADA SAMPAH ORGANIK TERHADAP KEBERADAAN EKTOPARASIT PADA LALAT Musca domestica Sp

  • Krisdiyanta Krisdiyanta Poltekkes Kemenkes Jambi
  • Erris Erris Poltekkes Kemenkes Jambi
Keywords: sampah, ekstoparasit pada lalat, : Kapur tohor

Abstract

 

Lalat merupakan salah satu kelompok serangga terbanyak yang berkembang di tempat sampahdan menduduki posisi penting dalam penyebaran penyakit, baik sebagai vektor mekanik protozoa, bakteri, maupun cacing. Jenis lalat yang ada di tempat pembuangan sampah cukup banyak, sebagian besar dapat menyebarkan bibit penyakit yang mengganggu kesehatan. rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh pemberian kapur tohor pada sampah organik terhadap keberadaan Ektoparasit pada lalat rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kapur tohor pada sampah organik terhadap keberadaan Ektoparasit pada lalat rumah.

Metode penelitian menggunakan eksperimen yaitu  suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lainya dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Penelitian eksperimen merupakan metode sistematis untuk membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab akibat. Laboratorium yang digunakan adalah Laboratorium Parasitologi dan Entomologi Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes. Populasi adalah lalatmusca domestika hasilpemeliharaan (rearing) dan sampel adalah lalat hasil rearing dan lalat yang terdapat pada sampah organik yang diletakkan pada tanah dengan metode sampel acak sederhana.

Hasil eksperimen yang telah diidentifikasi selanjutnya dianalisis untuk mengetahui pengaruh pemberian kapur tohor pada sampah organik terhadap keberadaan Ektoparasit pada lalat rumah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-08