Hubungan Sikap dan Peran Kader Terhadap Kunjungan Posyandu Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Kopi Kota Jambi Tahun 2019

  • Dewi Riastawaty Fakultas Kesehatan dan Farmasi
Keywords: Kunjungan Balita

Abstract

Posyandu merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menurunkan kematian bayi dan balita yaitu dengan memberikan akses pelayanana kesehatan gratis bagi masyarakat yang salah satunya adalah revitalisasi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Data dari Dinas Kesehatan Kota Jambi diketahui jumlah kunjungan posyandu balita pada tahun 2017 sebanyak 16548 balita dan pada tahun 2018 sebanyak 12226 balita dengan jumlah posyandu di 20 Wilayah Kerja Puskesmas sebanyak 467 Posyandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap ibu dan peran kader terhadap kunjungan posyandu balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Kopi Kota Jambi tahun 2019.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Kopi Kota Jambi yang dilakukan pada tanggal 13-19 Agustus 2019. Populasi penelitian adalah seluruh ibu yang menimbang balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Kopi Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 orang yang diambil dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian menunjukkan Ada hubungan antara sikap ibu terhadap kunjungan posyandu balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Kopi Kota Jambi tahun 2019 p value 0,000 < 0,05. Tidak ada hubungan antara peran kader terhadap kunjungan posyandu balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Kopi Kota Jambi tahun 2019 dengan p value 0,542 > 0,05.

Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber informasi dalam meningkatkan pengetahuan ibu agar timbulnya kesadaran dan kemauan untuk melakukan penimbangan berat badan balita yang bertujuan untuk mendeteksi dini masalah-masalah yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak.

 

Kata Kunci        : Sikap, Peran Kader, Posyandu Balita

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-09