ANALISIS KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN DIMENSI MUTU DI PUSKESMAS RAWASARI

  • Sugiarto Sugiarto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Ridho Amrizal Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Melda Yenni Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan

Abstract

Puskesmas harus memiliki mutu pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas guna memberikan kepuasan pada pasien yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Rawasari Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di Puskesmas Rawasari pada bulan Maret 2020. Sampel penelitian adalah pasien yang datang ke Puskesmas Rawasari sebanyak 96 orang. Tehnik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menggunakan analisis kesesuaian antara harapan dan kinerja. Hasil penelitian diketahui tingkat kesesuaian antara kenyataan dan harapan pada dimensi kehandalan sebesar 83,95%, dimensi ketanggapan sebesar 93,37%, dimensi jaminan sebesar 92,81%, dimensi empati sebesar 94,15% dan dimensi bukti fisik sebesar 82,06%. Atribut yang menjadi prioritas utama : diagnosa dokter terhadap penyakit pasien akurat; dokter memeriksa pasien dengan sungguh-sungguh; perawat membantu dokter dengan baik, puskemas memberikan pelayanan yang cepat dan tidak berbelit-belit, puskesmas memberikan informasi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, puskesmas telah  memiliki gedung  yang bersih dan terawat serta petugas yang rapi, puskesmas telah memiliki ruang tunggu yang memadai untuk menunjang pasien yang datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-08