HUBUNGAN PERENCANAAN STRATEGIS DENGAN MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS X

  • Renny Listiawaty STIKES Harapan Ibu Jambi
  • Abdillah Abdillah Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Sugiarto Sugiarto Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
Keywords: Mutu Pelayanan, Perencanaan Strategis

Abstract

Tercapainya kepuasan pasien diperlukan peningkatan standar dalam menjaga mutu pelayanan yang mengacu pada kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan agar dapat memenuhi kepuasan pasien atau masyarakat. Perencanaan strategis merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada tanggal 14 s/d 17 Februari 2020. Sampel penelitian ini adalah tenaga di Puskesmas Talang Bakung sebanyak 31 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampel. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi square.  Metode pengumpulan data adalah dengan wawancara menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 67,7% responden menyatakan perencanaan strategis kurang baik dan 61,3% responden menyatakan mutu pelayanan kurang baik. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada perencanaan strategis dengan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Talang Bakung Tahun 2020 (p=0,000). Diharapkan Puskesmas melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal serta melakukan pengembangan strategis sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-08