ANALISIS KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS TANJUNG PINANG

  • ani safitri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Sugiarto Sugiarto Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Novi Berliana Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
Keywords: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri pasien. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kepuasan pasien berdasarkan kualitas pelayanan di Puskesmas Tanjung Pinang Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke poli umum Puskesmas Tanjung Pinang Kota Jambi sebanyak 92 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menggunakan analisis kesesuaian antara harapan dan kinerja. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner. Tingkat kepuasan pasien pada dimensi kehandalan/reliability sebesar 90,7%, dimensi ketanggapan/responsiveness sebesar 90,6%, dimensi jaminan/assurance sebesar 89,9%, dimensi empati/emphaty sebesar 91,2%, dimensi bukti fisik/tangible sebesar 91,3%. Atribut yang masuk pada kuadran A antara lain : petugas memberikan informasi yang jelas penyakit yang diderita pasien, petugas menerangkan tindakan yang akan dilakukan, petugas cepat menangani keluhan pasien, petugas memberikan kemudahan saat melayani pasien, petugas selalu bersikap ramah dalam melayani pasien, petugas selalu sabar dalam melayani pasien, petugas sopan dalam melayani pasien, petugas perhatian terhadap pasien per individu, adanya petunjuk ruangan. Untuk itu diharapkan kepada puskesmas agar membuat komitmen dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien. mengadakan pelatihan/simulasi kepada tenaga kesehatan yang baru sehingga memiliki keterampilan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-08