HUBUNGAN KERJASAMA TIM DENGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS X KOTA JAMBI

  • Nur Muhamad Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Renny Liastawaty Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Irawati Sukandar Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak, Jambi
Keywords: Mutu pelayanan, kerjasama tim

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan bagi seorang pasien berhubungan dengan rasa puas terhadap pelayanan yang diterima, dimana mutu yang baik sering dikaitkan dengan kesembuhan penyakit dan peningkatan derajat kesehatan. Mutu pelayanan dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kerjasama tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kerjasama tim dengan mutu pelayanan di Puskesmas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan Puskesmas X pada 13 s/d 15 Februari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas X, dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Data yang digunakan data primer. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77,8% responden memiliki kerjasama tim kurang baik dan 63,9% responden menyatakan mutu pelayanan kurang baik. Ada hubungan yang bermakna antara kerjasama tim dengan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas X Tahun 2020 (p=0,001). Untuk itu disarankan kepada Puskesmas untuk melakukan pelatihan kepribadian dan mendorong semangat dan motvasi tenaga kesehatan di Puskesmas  untuk dapat bekerjasama dalam tim.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-08