ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PAAL MERAH I KOTA JAMBI TAHUN 2020

  • Nurhayati Ningsih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Renny Liastiawaty Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Subakir Subakir Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Pasien yang berkunjung ke Puskesmas Paal Merah I masih kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas, terlihat dari kotak saran menunjukkan bahwa  pelayanan di lokat pendaftaran kurang cepat, informasi yang diberikan oleh petugas kesehatan tidak bisa dimengerti oleh pasien (kurang detail).

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan pada tanggal 10-13 Februari 2020. Sampel penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke Puskesmas Paal Merah I sebanyak 105 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner melalui melakukan wawancara kepada responden. Data dianalisis dengan metode Importance-Performance Analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian antara kenyataan dan harapan pada dimensi tangible sebesar 87,67%, reliability sebesar 83,58%, responsiveness sebesar 83,58%, assurance sebesar 64,17% dan emphaty sebesar 83,86%. Berdasarkan analisa diagram kartersius aspek dimensi mutu yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien : Pelayanan oleh Dokter/Petugas tepat waktu; Dokter/Petugas siap sedia memberikan bantuan atau pertolongan kepada pasien saat dibutuhkan; Dokter/Petugas terampil dalam memberikan pelayanan; Petugas melayani dengan senyum, salam, sopan dan sapa kepada pasien.

Untuk itu disarankan kepada Puskesmas untuk membuat komitmen dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-08