EFEKTIFITAS METODE PENGELOMPOKAN KELAS TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI D-III KEBIDANAN STIKES PRIMA JAMBI TAHUN AKADEMIK 2009/2010

  • Marinawati Marinawati
  • Dian Dian
Keywords: Pengelompokan Kelas, Peningkatan Prestasi belajar

Abstract

Meningkatnya Perolehan Indeks Prestasi (IP<2,00) pada mahasiswa Prodi D III Kebidanan
STIKes Prima Jambi T.A 2009/2010 dari semester I, II dan III ketika mengikuti sistem
perkualiahan dengan metode pengelompokan kelas, telah melatarbelakangi peneliti untuk
melakukan penelitian, dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas metode pengelompokan
kelas terhadap peningkatan indeks prestasi belajar mahasiswa Prodi D III Kebidanan STIKes
Prima Tahun Akademik 2009/2010.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan analisa univariat berdasarkan data sekunder yaitu daftar
indeks prestasi (IP) mahasiswa semester I dan II. Dengan jumlah sampel sebanyak 187
mahasiswa (total sampling).Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tidak ada pengaruh metode pengelompokan kelas
terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa jika dibandingkan antara sebelum dan
sesudah pengelompokan kelas. Sedangkan efektifitas pengelompokan kelas terhadap
peningkatan indeks prestasi (IP) di kelas A lebih tinggi dari pada dikelas B dan C.
Diharapkan pada pihak institusi pendidikan dapat mengembangkan metode pengelompokan
kelas dengan upaya meminimalisir dampak negatif dari pengelompokan tersebut yaitu dengan
mengoptimalkan metode belajar Student Center Learning (SCL) sehingga dapat mendorong
peran aktif mahasiswa dalam proses belajar yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi
belajar. Selain itu disarankan untuk penelitian selanjutnya mengenai pengaruh metode
pengelompokan kelas dapat dilakukan pada mahasiswa yang memiliki karakteristik yang sama,
yaitu telah diberi perlakuan pengelompokan kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-05-06