GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS TALANG BAKUNG KOTA JAMBI TAHUN 2012

  • Dewi Riastawaty
  • Sondang Sondang
Keywords: Tingkat Kepuasan, Sarana Prasarana, Interaksi dan Informasi

Abstract

Secara Nasional saat ini cakupan pelayanan antenatal baik dari segi kuantitas maupun kualitas
masih tergolong rendah, hal ini di sebabkan karena jumlah petugas pengelola dan pelaksanaan
progran kesehatan ibu dan anak (KIA) di Puskesmas di rasakan masih kurang, di samping itu
terbatasnya pengetahuan, keterampilan, sarana yang tersedia serta masih rendahnya
pemanfaatan sarana institusi oleh masyarakat. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia
(SDKI) tahun 2007, cakupan pelayanan kunjungan baru ibu hamil (K1) di Indonesia
berdasarkan data dari Puskesmas, sebesar 63,96 %. Angka capaian ini belum merupakan K1
murni melainkan jumlah kunjungan pertama ibu hamil (kontak pertama). Untuk meningkatkan
cakupan K1, perlu adanya sosialisasi terutama bagi ibu hamil untuk memeriksakan diri
kePuskesmas. Sedangkan cakupan K4 adalah 79,84% dari 25,521 orang ibu hamil. Tujuan
penelitian ini untuk melihat gambaran tingkat kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal
care di Puskesmas Talang Bakung Kota Jambi Tahun 2012.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifdengan rancangan cross sectional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas Talang
Bakung Kota Jambi dari bulan Januari s/d Juni 2012 yang berjumlah 408 orang. Pengambilan
sampel pada penelitian diambil 10% yaitu sebanyak 41 orang dengan menggunakan teknik
accidental sampling. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner dan dianalisis secara
univariat.
Hasil penelitian bahwa sebanyak 17 responden (41,5%) puas terhadap pelayanan antenatal
care, dan sebanyak 24 responden (58,5%) kurang puas terhadap pelayanan antenatal care.
Sebanyak 25 responden (61,0%) interaksi bidan dengan ibu hamil baik, dan sebanyak 16
responden (39,0%) interaksi bidan dengan ibu hamil kurang baik. Sebanyak 19 responden
(46,3%) informasi bidan dengan ibu hamil baik, dan sebanyak 22 responden (53,7%) informasi
bidan dengan ibu hamil kurang baik.
Dengan demikian maka Puskesmas Talang Bakung Kota Jambi agar lebih meningkatkan
penyuluhan kesehatan dan informasi tentang pelayanan antenatal care dengan cara
memberikan leaflet atau brosur serta poster pelayanan antenatal care dan melengkapi sarana
dan prasarana antenatal care.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-05-06