Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ibu Dengan Pelaksanaan Imunisasi Measles Rubella (MR) di Wilayah Kerja Puskesmas Aur Duri Kota Jambi Tahun 2020

  • Eprina Intami Universitas Adiwangsa Jambi
  • Kadek Indah Rahayu Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Persepsi, Dukungan Suami, Peran Petugas Kesehatan, Imunisasi MR

Abstract

Imunisasi measles rubella merupakan kombinasi vaksin campak/ Measles dan Rubella (R) untuk perlindungan terhadap penyakit campak dan rubella. Data Pusdatin tahun 2017 menyebutkan bahwa pelaksanaan Imunisasi measles rubella (MR) pada tahap pertama (1 Agustus-30 September) di Pulau Jawa adalah 95%. Dalam pelaksanaan imunisasi MR dipengaruhi oleh perilaku kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor yang mempengaruhi perilaku ibu dengan pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR).

Penelitian ini merupakan penelitian analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Aur Duri Kota Jambi yang dilakukan pada 04-24 Maret 2020. Populasi penelitian adalah seluruh ibu yang memiliki balita usia 18-36 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Aur Duri tahun 2019 yang berjumlah 341 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisa data secara univariat, bivariat dan multivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 75 responden, sebagian besar memiliki persepsi positif sebanyak 43 responden (57,3%), sebagian besar tidak mendapat dukungan suami sebanyak 49 responden (65,3%), sebagian besar menyatakan peran petugas kesehatan baik sebanyak 49 responden (65,3%) dan sebagian besar pelaksanaan imunisasi MR tidak dilakukan sebanyak 39 responden (52%). Ada hubungan persepsi (nilai p=0,000) dan dukungan suami (nilai p=0,000) dengan pelaksanaan imunisasi MR karena nilai p < 0,05. Faktor dominan mempengaruhi pelaksanaan imunisasi MR adalah persepsi dengan nilai p = 0,000.

Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi dan rekomendasi untuk melakukan serangkaian kegiatan penyuluhan dan konseling kepada ibu dan juga suami untuk memperbaiki persepsi negatif menjadi positif serta peran petugas kesehatan yang lebih intensif dalam pelaksanaan imunisasi MR.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31