HUBUNGAN SUMBER AIR DAN KEPEMILIKAN JAMBAN DENGAN KEJADIAN DIARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PONDOK MEJA KABUPATEN MUARO JAMBI TAHUN 2020

  • Erris Siregar Poltekkes Kemenkes Jambi
Keywords: Penggunaan Air Bersih, Kepemilikan Jamban dan Diare

Abstract

Beberapa faktor yang menyebabkan diare yaitu keadaan lingkungan, perilaku masyarakat, pelayanan kesehatan, gizi, kependudukan, pendidikan dan keadaan sosial ekonomi. Faktor lingkungan yang sering dikaitkan dengan penyakit diare antara lain yaitu kurangnya penyediaan air bersih, kurangnya pembuangan kotoran yang sehat, keadaan rumah yang kurang sehat, sanitasi makanan minuman yang tidak sehat, kurangnya pengawasan dan pencegahan terhadap pencemaran lingkungan dan pembuangan limbah didaerah permukiman yang kurang baik.

Metodologi penelitian penelitian Analitik Deskriptif dengan metode Cross Sectional. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan sumber air bersih dan jamban dengan kejadian diare di wilayah kerja puskesmas Pondok Meja Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 1.352 yang memeiliki sumber air dari sumur gali, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah mengambilnya secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan lembar observasi dan penelitian akan dilaksanakan pada Bulan Juli Tahun 2020 di wilayah kerja puskesmas Pondok Meja Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2020.

Hasil penelitian ada hubungan Penggunaan air bersih dengan p value 0,024 (p =0,05) dan Kepemilikan jamban dengan p value 0,036 (p =0,05) kejadian diare di wilayah kerja Puskesmas Pondok Meja Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2020.

Saran di harapkan memberikan informasi kepada masyarakat upaya pencegahan diare dan bagaimana jamban yang memenuhi syarat sehingga tidak mencemari air bersih pada lingkungan pekarangan rumah. Bagi masyarakat Agar selalu menjalankan program dari Puskesmas yaitu menggunakan air yang bersih dan selalu dimasak sampai mendidih, selalu membersihkan jamban keluarga dengan alat dan cairan pembersih.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31