HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DI KAB. BUNGO

  • Dewi Narullita Akademi Keperawatan Setih Setio
Keywords: Pola Asuh, Perkembangan Personal Sosial

Abstract

            Pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupan manusia adalah hal yang terjadi secara terus menerus dan berkesinambungan selama kehidupan manusia. Anak dengan usia 3-6 tahun adalah tahapan periode yang sangat kondusif dalam tumbuh kembang anak terkait kemampuan, kecerdasan, bakat, kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosio-emosional dan spiritual. perkembangan sosial merupakan sebuah pencapaian dari kematangan seseorang dalam berhubungan sosial serta menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral, tradisi, serta mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan orang lain. World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa 5-25% dari anak-anak usia prasekolah menderita gangguan perkembangan. Berbagai masalah perkembangan anak, seperti keterlambatan motorik, bahasa, dan perilaku sosial dalam beberapa tahun terakhir ini semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan personal sosial anak usia prasekolah (3-6 tahun) di Wilayah Kerja Puskesmas Rimbo Tengah Kab.Bungo. Desain penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling  dimana jumlah responden dalam penelitian ini adalah 96 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan personal sosial anak usia prasekolah (3-6 tahun) di Wilayah Kerja Puskesmas Rimbo Tengah Kab.Bungo. Perkembangan personal sosial merupakan perkembangan yang sangat penting dalam tahap tumbuh kembang anak usia prasekolah (3-6 tahun).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31