Pengaruh Pemberian Aroma Therapy Jasmine Terhadap Tingkat Nyeri Pada Ibu Inpartu Kala 1 Fase Aktif Di Klinik Bersalin Annisa Bangko Tahun 2020

  • Lidya Kurniasari Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Tingkat Nyeri, Aromaterapi, jasmine, Persalinan

Abstract

Presentase pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan di Indonesia menunjukanterdapat penurunan dari 90,88% menjadi 83.3% tahun 2015. Rasa nyeri pada saat persalinan pada dasarnya disebabkan karena kontraksi kuat.Penelitian ini menggunakan cara nonfarmakologi yaitu Pengaruh Pemberian Aroma therapy jasmine Terhadap Tingkat Nyeri Pada Ibu Inpartu Kala 1 Fase Aktif Di Klinik Bersalin AnnisaBangko Tahun 2020.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian aroma therapy jasmine terhadap tingkat nyeri pada ibu inpartu kala I fase aktif di Klinik Bersalin Annisa Bangko Tahun  2020.

Penelitian menggunakan jenis penelitian pre eksperiment dengan desain penelitian pre-test dan post-test. Penelitian dilakukan pada tanggal 06 s/d 30 April 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 12 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu inpartu sebanyak 12 responden.Tekhnik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan tekhnik pengolahan data menggunakan uji wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan aroma therapy jasmine responden yang mengalami tidak merasa sakit 0 responden, sakit hanya sedikit 0 responden, sedikit lebih sakit 0 responden, jauh lebih sakit sebanyak 3 responden, jauh lebih sangat sakit 7 responden, sangat sakit luar biasa sampai menangis 2 responden dengan total responden sebanyak 12 responden. Setelah diberikan aroma therapy jasmine responden mengalami tidak merasa sakit 0 (0%) responden, sakit hanya sedikit 0 (0%) responden, sakit hanya sedikit sebanyak 2 (16,7%) responden, sedikit lebih sakit sebanyak 6 (50%) responden, jauh lebih sakit sebanyak 3 (25%) responden, dan jauh lebih sangat sakit 1 (8.3%) responden, sangat sakit luar biasa sampai menangis 0 (0%) responden dengan total responden sebanyak 12 (100%) responden. Adanya pengaruh pemberian aroma therapy jasmine terhadap tingkat nyeri pada ibu inpartu kala I fase aktif di klinik bersalin Annisa Bangko adalah didapatkan nilai  p-value 0,001.

Dari hasil penelitian diharapkan semua pihak dapat meningkatkan pelayanan kepada ibu bersalin salah satunya dengan memberikan aroma therapy jasmine yang dapat menurunkan tingkat nyeri persalinan kala I fase aktif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31