PERILAKU REMAJA PUTRI TENTANG CARA PENCEGAHAN KEPUTIHAN (FLOUR ALBUS) DI DESA LOPAK ALAI PROVINSI JAMBI TAHUN 2020

  • Ismail Uman Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

Latar Belakang: Remaja putri mengalami pubertas yang ditandai dengan menstruasi. Sebagian orang saat mengalami menstruasi dapat mengalami keputihan. Dampak dari keputihan yang terlambat atau tidak diobati dapat berakibat buruk bagi kehidupan seseorang wanita, seperti terjadinya infertil, radang panggul, dan salpingitis.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Remaja Putri Tentang Cara pencegahan Keputihan (Flour Albus) di Desa Lopak Alai Tahun 2020.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan metode survey analitik dengan pendekatan metode cross sectional. Penelitian ini dilakukan di desa Lopak Alai dan telah dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober Tahun 2020. Sampel pada penelitian ini berjumlah 22 orang yang diambil secara total sampling. Analisa yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisa univariat dan analisa bivariate.

Hasil : Berdasarkan hasil penelitian yang di dilakukan didapatkan pengetahuan baik pada remaja putri yaitu 17 (77.3%) responden dari 22 responden dan yang memiliki pengetahuan kurang baik sebanyak 5 responden (22.5%) dari 22 responden. Dan didapatkan Perilaku Remaja Putri tentang pencegahan terjadinya Keputihan (Flour Albus) p-Value =0.000 ( p-Value <0.05).

Kesimpulan : Perilaku Remaja Putri berhubungan dengan pencegahan terjadinya Keputihan (Flour Albus).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-22