Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pemeriksaan payudara sendiri pada Wanita Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Handil Tahun 2020

  • Maida Arbina Sembiring Universitas Adiwangsa Jambi
  • Marinawati Ginting Universitas Adiwangsa Jambi
  • Septa Pratama Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

Berdasarkan data Global Center Observatory (Globocan) diketahui bahwa pada tahun 2018 terdapat 348.809 kasus kanker diseluruh dunia. Salah satu kanker yang banyak terjadi didunia adalah kanker payudara sebanyak 58.256 (16.7%). Angka kejadian kanker payudara di Indonesia tahun 2018 sebanyak 1.7 per 1000 penduduk. Deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang dapat dilakukan dengan pemeriksaan klinis (pemeriksaan fisik) maupun pemeriksaan penunjang salah satunya melakukan sadari (pemeriksaan payudara sendiri).

Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional untuk melihat Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pemeriksaan payudara sendiri pada Wanita Usia Subur. Penelitian ini telah dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Handil Kota Jambi yang akan dilakukan pada tanggal 14 sampai 20 Juli 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah WUS yang berkunjung ke Puskesmas Kebun Handil Tahun 2020 sebanyak 1874 ibu. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang diambil menggunakan teknik quata sampling. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengisian lembar kuesioner. Analisa data dalam penelitian ini secara univariat dan bivariat dengan uji chi-squer.

Berdasarkan hasil penelitian dari 43 responden yang tidak melakukan pemeriksaan SADARIĀ  sebanyak 29 responden (67.4%), pengetahuan rendah sebanyak 66 responden (67.3%), 24 responden (55.8%) mempunyai motivasi negatif dan sumber informasi tentang SADARIĀ  sebanyak 30 responden (69.8%). Uji ststistik ada hubungan yang signifikan pengetahuan (0.004), motivasi (0.030), dan sumber informasi (0.021) wanita usia subur terhadap perilaku pemeriksaan payudara sendiri pada Wanita Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Handil Tahun 2020.

Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi tenaga kesehatan khususnya bidan untuk meningkatkan pemberian asuhan kesehatan khususnya di wilayah Kerja Puskesmas dan menjadi landasan pelaksanaan program kegiatan bimbingan, pembinaan, dan konseling dalam upaya peningkatan pengetahuan WUS untuk menangani Ca Mammae melalui pemeriksaan SADARI.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-22