Analisis faktor yang mempengaruhi kelelahan kerja pada pekerja tambang emas di Kecamatan Rantau Pandan Muara Bungo Tahun 2020

  • nia nurzia Universitas adiwangsa jambi
Keywords: Usia, Beban Kerja, Masa Kerja, Status Gizi, Kelelahan Kerja

Abstract

Kelelahan kerja merupakan salah satu permasalahan kesehatan dan keselamatan kerja yang dapat menjadi faktor resiko terjadinya kecelakaan pada saat bekerja.Kelelahan kerja disebabkan oleh faktor individu dan juga faktor dari luar seperti lingkungan kerja.Kelelahan merupakan masalah yang harus mendapat perhatian. Kelelahan kerja dapat berdampak pada prestasi kerja menurun, badan terasa tidak enak, semangat kerja menurun, dan menurunkan produktivitas kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor yang mempengaruhi kelelahan kerja pada pekerja tambang emas di Kecamatan Rantau Pandan Muara Bungo Tahun 2020.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di tambang Emas Kecamatan Rantau Pandan Muara Bungo pada tanggal 22-27 Juli 2020. Populasi penelitian adalah seluruh pekerja tambang emas di Kecamatan Rantau Pandan Muara Bungo pada tahun 2020 yang berjumlah 26 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data secara univariat dan bivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 26 responden, sebanyak 18 responden (69,2%) mengalami kelelahan kerja, sebanyak 22 responden (92,3%) memiliki usia dewasa dini, sebanyak 16 responden (61,5%) beban kerja berat, sebanyak 24 responden (92,3%) masa kerja baru dan sebanyak 24 responden (92,3%) memiliki status gizi normal. Ada hubungan usia (p=0,001) dan beban kerja (p=0,027) dengan kelelahan kerja karena p value < 0,05. Tidak ada hubungan masa kerja (p=0,946) dan status gizi (p=0,326) dengan kelelahan kerja karena p value > 0,05

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usia dan beban kerja mempengaruhi kelelahan kerja. Untuk itu, diharapkan dapat dijadikan sumber informasi bagi pihak tambang emas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin tiap 6 bulan untuk membantu mengurangi kelelahan kerja yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-22