Pengaruh konsumsi pisang ambon terhadap penurunan tekanan darah lansia di Desa Sungai Pulai Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari Tahun 2020

  • Lidya Kurniasari Universitas adiwangsa jambi
Keywords: Tekanan darah, Pisang ambon

Abstract

Hipertensi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular, dan prevalensinya meningkat di seluruh dunia dari 25% pada tahun 2000 untuk diproyeksikan 40% pada tahun 2025 (WHO, 2016). Secara global proporsi populasi penduduk berusia lebih dari 60 tahun pada tahun 2014 adalah 12% dari total populasi global. Kondisi pada lansia penderita hipertensi membutuhkan penanganan/terapi. Salah satu terapi non farmakologisnya dengan BBT (Biological base therapy). Tujuan penelitian Pengaruh konsumsi pisang ambon terhadap penurunan tekanan darah lansia di Desa Sungai Pulai Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari Tahun 2020.

Penelitian ini bersifat kuantitatif, metode penelitian menggunakan desain pre eksperimen dengan rancangan one grup pre-tes and postest desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah Lansia dengan Hipertensi. Sample dalam penelitian ini berjumlah 15 responden. Penelitian di lakukan pada tanggal 29 Mei sampai 5 Juni 2020 di di Desa Sungai Pulai. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan Accidental sampling. Penelitian ini dilakukan 2 kali pengukuran yaitu sebelum perlakuaan (pre-tes) dan setelah perlakuan (post-test ). Jika data dari hasil pre-tes dan post-test distribusi normal maka analisa dapat dilakukan menggunakan uji wilcoxone.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa tekanan darah lansia sebelum diberikan pisang ambon semua lansia mengalami hipertensi 100%, sebagian besar responden yang sudah konsumsi buah pisang ambon mengalami penurunan tekanan darah sebanyak 7 responden (46.7%). Hasil uji statistic ada Pengaruh yang signifikan antara konsumsi pisang ambon terhadap penurunan tekanan darah lansia dengan nilai p-value 0,002.

Disarankan bagi penderita hipertensi untuk dapat mengkonsumsi buah pisang ambon sebagai pengobatan non farmakologi hipertensi serta minim efek samping. Selain rasanya manis, pisang juga kaya vitamin dan mineral, bisa dimakan langsung, sehingga dapat dijadikan alternatif untuk penurunan tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi ringan dapat mengkonsumsi pisang sebanyak 140 gr (2 buah/ hari) untuk dikonsumsi agar tekanan darah menjadi normal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-22