HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) GURU DI SLB SWASTA SE-KOTA

  • Lusi Warsini Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Jambi, Jambi
  • Parman Parman Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Harapan Ibu Jambi
Keywords: Kecerdasan Adversitas, organizational, kompetensi pedagogik

Abstract

Penelitian ini dapat digolongkan dalam penelitian korelasional yang terdiri atas dua variabel bebas yaitu kecerdasan Adversitas dan Kompetensi Pedagogik serta satu Variabel terikat yaitu Organizational Citizenship Behavior (OCB). Penelitian ini dilaksanakan di SDLB Swasta Kota Jambi tahun 2018 dengan jumlah sampel 97 orang siswa yang diambil secara Proposional Random Sampling Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi dan regresi linear sederhana serta korelasi dan regresi linear ganda. Adapun pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikan a =0,05 dan a = 0,01. Penelitian ini menghasilkan 3 (tiga) kesimpulan yaitu: Pertama terda[at hubungan positip yang sangat signifikan antara kecerdasan Adversitas (X1) dengan organizational citizenship behavior (OCB) (Y), dengan koefisien determinasi r²=0,844, dan persamaan regresi Y=94,69+0,326X1 Kedua terdapat hubungan positif yang sangat signifikan anatar kompetensi pedagogik (X2) dengan organizationnal citizenship behavior (OCB) (Y) dengan koefisien determinasi r²=0,812, dengan persamaan regresi Y=95,131+0,142X2 Ketiga terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan adversitas (X1) dan kompetensi pedagogik (X2) secara bersama-sama dengan organizational citizenship behavior (OCB) (Y) dengan koefisien determinasi ry12²= 0,1533 dan persamaa regresi Y=79,837+1,557 X1+0,583X2. Berdasarkan nhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa organizational citizenship behavior (OCB) dapat ditingkatkan melalui kecerdasan adversitas dan kompetensi pedagogik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-22