UJI METABOLIT SEKUNDER METODE KUALITATIF PADA DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA), DAUN BIDARA (ZIZIPHUS MAURITIANA) DAN DAUN MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA)

  • Ali Napiah Nasution Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Medan
  • Anisya Fadila Putri Ismadi Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Medan
  • Nindi Dwi Anggita Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Medan
  • Sakinah Sakinah Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Medan
  • Ermi Girsang Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Medan
Keywords: Daun kelor (Moringa oleifera),, Daun Bidara (Ziziphus mauritiana), Daun Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa), Metabolit sekunder

Abstract

Daunxkelorxx(Moringaxxoleifera) dapat digunakan untuk penghambatxxpertumbuhanxbakterixsecara alami. Tanaman bidara (Ziziphus mauritiana) adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat yang telah digunakan dalam berbagai pengobatan herbal di beberapa negara dan telah teruji secara klinis. Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) termasuk tumbuhan berkhasiat yang banyak dipakai sebagai pengobatan bermacam-macam penyakit. Daun mahkota dewa memiliki aktivitas antioksidan, antimikroba dan anti-infalamasi. Tujuanxxdarixxpenelitianaainissyaitu untuk mengujiddmetabolitqqsekunder dengan metode kualitatifxxekstrak daun kelor (moringa oleifera), daun bidara (Ziziphus mauritiana) serta daun mahkota dewa (Phaleria macrocarpa). Setiap sampel diekstraksi dengan metode maserasi lalu di uji fitokimia dari ketiga sampel. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa ketiga sampel memiliki kandungan senyawa alkaloid, tanin, saponin, triterpenoid/steroid dan polifenol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-22