EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK SLOW STROKE BACK MASSAGE TERHADAP LOW BACK PAIN

  • Risna Meliyani Universitas Adiwangsa Jambi

Abstrak

Low back pain (LBP) merupakan nyeri pada punggung bagian bawah, bukan merupakan penyakit atau diagnosis untuk suatu penyakit yang mana nyeri dirasakan di area yang tertekan dan bervariasi lama. Kejadian low back pain hampir sama pada semua populasi. Masyaraat diseluruh dunia. Diketahui di Provinsi Jambi terdapat pekrja yang mengalami Low back pain salah satunya para pemulung dengan jumlah sebanyak 51 orang yang bekerja di lokasi TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Pemulung yang mengalami LBP dengan nyeri ringan hanya 28,8% dan nyeri berat sebanyak 57,6%. Penelitian ini bertujuan adalah untuk melihat ektivitas penerapan teknik slow stroke back massage terhadap low back pain  pada pemulung di TPA (Tempat Pembuangan Akhir)

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan pre eksperimen without control group, desain studi one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemulung perempuan yang mengalami LBP di TPA dengan jumlah 25 orang. Sampel 15 orang.  Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi untuk mengukur skala nyeri responden dengan menggunakan Numeric Rating Scale (NSR) untuk mengetahui intensitas/skala nyeri. Metode analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat.

Hasil penelitan rata-rata skala nyeri low back pain  pre test pada pemulung di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) lebih tinggi dari pada skala nyeri pada post test. Terdapat  pengaruh penerapan teknik slow stroke back massage terhadap low back pain  pada pemulung di TPA (Tempat Pembuangan Akhir)  dengan (p value 0,000 < 0,05).

Diharapkan pihak TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dapat juga memperhatikan kondisi kesehatan pemulung dengan ikut serta mensosialisasikan teknik slow stroke back massage dalam mengatasi masalah  low back pain  sehingga pemulung dapat lebih produktif dalam bekerja

Diterbitkan
2023-07-31