HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP PERILAKU PENERAPAN GIZI SEIMBANG PADA REMAJA DI SMKN 2 KOTA JAMBI PADA MASA PANDEMI CORONA (COVID-19)

  • Titrin Anggun Novianti Universitas Adiwangsa Jambi
  • Mery Merlisia Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: pengetahuan, perilaku gizi seimbang, pandemi corona, remaja

Abstract

Pengetahuan merupakan faktor yang penting untuk terbentuknya perilaku seseorang karena perilaku yang didasari oleh pengetahuan akan lebih langgeng daripada perilaku yang tidak didasari oleh pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan terhadap perilaku penerapan gizi Seimbang pada remaja di SMKN 2 Kota Jambi Pada Masa Pandemi Corona (COVID-19).

Pengambilan sampel dilakukan di SMKN2 Kota Jambi menggunakan metode penelitian potong lintang (Cross Sectional) dengan teknik random sampling dengan alat bantu kuesioner. Kuesioner yang digunakan yaitu kuesioner pengetahuan gizi seimbang dan kuesioner perilaku penerapan gizi seimbang. Hasil skor yang diperoleh akan Hubungan antara variabel pengetahuan dengan variabel perilaku penerapan gizi seimbang dianalisis menggunakan Uji Chi Square. Untuk melihat ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan terhadap perilaku penerapan gizi Seimbang pada remaja di SMKN 2 Kota Jambi Pada Masa Pandemi Corona (COVID-19).

Hasil penelitian menunjukkan dari 48 responden, sebanyak 10 responden (20,8%) memiliki pengetahuan gizi baik, 26 responden (54,2%) memiliki pengetahuan cukup, dan 12 responden (25%) memiliki pengetahuan kurang. Variabel perilaku penerapan gizi seimbang menunjukkan bahwa sebanyak 7 responden (14,6%) dalam kategori baik, 30 responden (62,5%) cukup, dan 11 respoden (22,9%) kurang. Dari hasil uji chi-square diperoleh p value 0,254 lebih besar dari nilai α (0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima yang artinya, tidak ada hubungan signifikan antara pengetahuan terhadap perilaku penerapan gizi seimbang pada remaja di SMKN 2 kota Jambi pada masa pandemi corona (COVID-19).

Pihak sekolah dapat berpartisipasi peduli gizi bagi para siswa-siswi nya dengan menggalakan perilaku makan sehat di lingkungan sekolah. Dapat melalui media informasi sekolah seperti majalah sekolah, majalah dinding sekolah, dan perpustakaan.

Published
2023-07-31