GAMBARAN POSISI IBU MENYUSUI DAN GIZI SEIMBANG TENTANG KEBERHASILAN MENYUSUI PADA BAYI 0-6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KENALI BESAR KOTA JAMBI

  • Titrin Anggun Novianti Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: posisi menyusui, gizi seimbang, keberhasilan menyusui

Abstract

Dalam menyusui terdapat beberapa masalah dalam pemberian ASI yaitu puting ibu nyeri, puting susu lecet, payudara bengkak, mastitis dan abses payudara. Dalam menangani puting susu terasa nyeri dengan cara memastikan posisi ibu menyusui sudah benar, puting susu lecet disebabkan oleh posisi menyusui yang salah, payudara bengkak disebabkan oleh posisi mulut bayi dan puting susu ibu salah. Mencari posisi yang nyaman saat menyusui sangat penting karena tidak nyaman saat menyusui bisa membuat cemas, dan mengurangi atau menghentikan aliran susu. Penelitian ini bertujuan memperoleh Gambaran Posisi Ibu Menyusui dan Gizi Seimbang Tentang Keberhasilan Menyusui Pada Bayi 0-6 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Dengan jumlah populasi 440 ibu menyusui. Sampel sebanyak 44 responden diambil dengan teknik simple random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 26 Agustus, dengan analisis univariat.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui mayoritas responden mempunyai posisi menyusui kurang baik sebanyak 40 responden (90,9%) dan mayoritas responden memiliki gizi seimbang baik sebanyak 24 responden (54,5%).

Diharapkan untuk mendapat gizi seimbang, ibu menyusui perlu mengikuti pendidikan kesehatan, mencari informasi dari media cetak, media elektronik serta sumber informasi lainnya yang dapat memberikan informasi gizi seimbang bagi ibu menyusui.

Published
2022-01-18