Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja putri Tentang Tablet FE Untuk Mencegah Anemia di SMK Negeri 1 Rengat Tahun 2023

  • Megawati Institut Teknologi dan Bisnis Indragiria
  • Izzawati Arlis Institut Teknologi dan Bisnis Indragiria
  • Monifa Putri Institut Teknologi dan Bisnis Indragiria
Keywords: Pengetahuan, Tablet Fe, Anemia

Abstract

LATAR BELAKANG

Angka kejadian anemia di Indonesia pada remaja mencapai 32% dimana sebanyak 3 sampai 4 dari 10 remaja mengalami anemia. Anemia pada remaja merupakan masalah yang masih perlu diperhatikan di Indonesia, hal ini karena dampak dari anemia itu sendiri yang dapat mengganggu status kesehatan dan produktivitas dari remaja anemia di akibatkan kekurangan zat besi (Fe) dan suatu keadaan dimana kadar haemoglobin dalam darah kurang dari normal.Kekurangan kadar Hb dalam darah dapat menimbulkan gejala lemas, lesu, letih, lelah dan cepat lupa sehingga akan berakibat menurunkan prestasi belajar dan produktivitas kerja serta dapat menurunkan daya tahan tubuh.

TUJUAN PENELITIAN

Untuk mengetahui tentang pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan remaja putri tentang tablet Fe untuk mencegah anemia di SMK Negeri 1 Rengat Tahun 2023.

METODE PENELITIAN

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian quasy experimental study dengan One Group Pre Test-Pos Test Design. Desain ini menggunakan pre Test yang digunakan sebelum diberi perlakuan. Hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat dibandingkan dengan keadaan sebelum diberikan perlakuan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Rengat, Tahun 2023 pada bulan Maret 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMK Negeri 1 Rengat tahun 2023. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh antara variabel independent (pengaruh penyuluhan) dengan variabel dependent (pengetahuan remaja tentang tablet Fe).

Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas 12 sebanyak 188 remaja putri. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 remaja putri pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling

HASIL PENELITIAN

Hasil penguji statistic menggunakan t-test dengan aplikasi SPSS22 didapatkan hasil p-0,000<0,05 yang mana Ha diterima Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara pengetahuan remaja putri tentang tablet Fe untuk mencegah anemia di SMK Negeri 1 Rengat Tahun 2023.

Kata Kunci : Pengetahuan, Tablet Fe, Anemia

Published
2024-01-31