Hubungan Jenis Kelamin terhadap Status Gizi pada Siswa Sekolah Dasar Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.35141/kia.v3i1.1007Keywords:
Jenis Kelamin, Status Gizi, Siswa Sekolah DasarAbstract
Masalah gizi pada anak sekolah dasar saat ini masih cukup tinggi. Gizi merupakan suatu zat yang dibutuhkan oleh tubuh, zat gizi tersebut dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Penanganan permasalahan status gizi harus memperhatikan faktor risiko dari munculnya permasalahan tersebut. Faktor penyebab masalah gizi yaitu jenis kelamin, tingkat pendidikan ibu, pekerjaan ibu berhubungan dengan status gizi pada anak usia sekolah. Untuk mengetahui tentang hubungan jenis kelamin terhadap status gizi pada anak sekolah dasar pada tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 012 Rengat pada bulan Mei 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah selruh siswa kelas 5 dan 6. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan jenis kelamin terhadap status gizi pada anak SD Negeri 012 Rengat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 ssiswa dengan teknik total sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPPS dengan mengugunakan uji one sample t-test karena menggunakan data interval dan ration pada penelitan ini. Hasil penguji statistic menggunakan t-test dengan aplikasi SPSS22 didapatkan hasil p-0,000<0,05 yang mana Ha diterima Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara jenis kelamin terhadap status gizi pada siswa SD Negeri 012 Rengat.