PENGAWASAN TERHADAP FUNGSI PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA SEKTOR INDUSTRI JASA KEUANGAN (IJK)

  • Ahmad Nazori Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Perlindungan, Konsumen, Otoritas Jasa Keuangan

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh Industri Jasa Keuangan (IJK) pada akhir-akhir ini semakin muncul kepermukaan. Banyaknya klaim atas polis asuransi yang tidak mampu dibayar oleh lembaga asuradur, terjadinya beberapa perbankan yang mengalami kesulitan likuiditas, hingga banyaknya masyarakat yang dirugikan karena membeli saham perusahaan yang tidak layak masuk pasar bursa. Semua itu sangat merugikan konsumen jasa keuangan. Pada akhirnya mengakibatkan kerugian negara dan menghambatnya laju pembangunan. Peraturan perundangan terhadap pengawasan dan penindakan terhadap lembaga IJK sudah cukup banyak, namun ternyata belum bisa melindungi masyarakat konsumen secara baik. Hal tersebut dkakrenakan lemahnya pelaksanaan pengawasan secara riil di lapangan, masih rendahnya kualitas dan terbatasnya sumberdaya handal yang akan mengawasi para profesional IJK. Diharapkan agar OJK lebih meningkatkan pengawasan dan penindakan, meningkatkan kualitas sumberdaya, melaksanakan reorganisasi sesuai kebutuhan, dan membuat regulasi sesuai perkembangan Industri Keuangan antara lain untuk menghindari agar masyarakat konsumen terlindungi dan tidak terdampak disrupsi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-05