Analisis Kepuasaan Pengguna Website PTPN6 Menggunakan Metode Webqual 4.0

Authors

  • Desti Fertiwi
  • Amroni
  • Imam Rofi'i

DOI:

https://doi.org/10.35141/x1x5a341

Keywords:

PTPN6, Kepuasan, Website, Webqual 4.0, Responden, SmartPLS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap website resmi PTPN6 (http://ptpn6.com/) yang menyediakan berbagai informasi dan layanan kepada pengguna. Namun, hingga saat ini, belum pernah dilakukan evaluasi formal terhadap kualitas dan kinerja website tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap website PTPN6 dengan menggunakan metode WebQual 4.0, yang mencakup tiga indikator utama: kualitas informasi (Information Quality), kualitas interaksi layanan (Service Interaction Quality), dan kualitas penggunaan (Usability). Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online menggunakan Google Form, Responden yang berstatus mahasiswa/i mendominasi dengan jumlah 112 orang atau 33,6%, diikuti oleh pegawai PTPN sebanyak 44 responden atau 13,2%, pegawai negeri sebanyak 15 responden atau 4,5%, dan kategori pekerjaan lainnya sebanyak 162 responden atau 48,6%. yang menjawab 20 pertanyaan terkait pengalaman mereka menggunakan website PTPN6. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunak SmartPLS untuk memahami hubungan antar variabel dalam model struktural. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga indikator berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna secara keseluruhan. Website PTPN6 memiliki kelebihan dalam struktur menu yang lengkap dan penyajian informasi yang relevan dengan kegiatan serta tata kelola perusahaan. Namun, terdapat beberapa kekurangan, seperti kurangnya evaluasi berkala terhadap kualitas dan kinerja website, belum adanya mekanisme umpan balik dari pengguna, serta 
potensi peningkatan dalam aspek interaksi layanan dan kemudahan navigasi. Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan agar pengelola website PTPN6 melakukan evaluasi rutin terhadap kualitas website menggunakan metode seperti WebQual 4.0. Selain itu, implementasi fitur umpan balik pengguna dapat membantu mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki. Peningkatan aspek usability dan interaksi layanan juga disarankan untuk meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Analisis Kepuasaan Pengguna Website PTPN6 Menggunakan Metode Webqual 4.0. (2025). JOURNAL VISION TECHNOLOGY (V-TECH) , 8(1), 1-12. https://doi.org/10.35141/x1x5a341