ANALISIS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PENGAJUAN KREDIT PADA BTPN KCP UMK PETALING MENGGUNAKAN RANK ORDER CENTROID (ROC)

  • Rico Rico Universitas Adiwangsa Jambi
  • Hetty Rohayani Universitas Muhammadiyah Jambi
Keywords: Rank Order Centroid (ROC), credit, DSS

Abstract

Dengan tumbuhnya beberapa usaha kecil dan menengah di suatu daerah mengakibatkan pertumbuhan perekonomian daerah tersebut akan lebih baik. Agar usaha kecil dan menengah bisa bertahan dan berkembang maka diperlukan tambahan modal yang bisa didapat dari lembaga perbankan maupun bukan lembaga perbankan.

Dalam perbankan, proses penyaluran kredit tidak semudah membalik telapak tangan. Dimana proses tersebut harus melewati beberapa tahapan dan melibatkan beberapa pihak untuk mendapatkan keputusan kredit sehingga membutuhkan waktu relatif yang lama. Seperti beberapa hari waktu yang dibutuhkan untuk memproses dan menentukkan berkas yang masuk bisa dilanjutkan ke tahap survey, lalu beberapa hari waktu yang dibutuhkan untuk menentukan apakah layak atau tidak pinjaman tersebut diberikan kepada pemohon berdasarkan dari keputusan pihak BWMK (Batas wewenang memutuskan kredit). Dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memproses dan menetukan kelayakan pengajuan kredit dari calon debitur maka peneliti tertarik melakukan penelitian di BTPN untukĀ  membantu merancangan sistem pendukung keputusan (SPK) dalam penentuan kelayakan pengajuan dengan menggunakan metode Rank Order Centroid (ROC).

Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pengajuan Kredit Usaha Rakyat yang diharapkan bisa membantu dalam memberikan keputusan secara efisien dan tepat kepada pihak BTPN khususnya pimpinan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31