SISTEM INFORMASI MANAJEMEN JADWAL PERKULIAHAN PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAMBI

  • Kevin Kurniawansyah Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Noneng Marthiawati. H Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Hafiz Nugraha Universitas Muhammadiyah Jambi
Keywords: Analisis dan Perancangan, Jadwal Perkuliahan, prototipe, sistem informasi manajemen

Abstract

Penjadwalan perkuliahan merupakan masalah mengalokasikan waktu, mata kuliah, dosen dan ruangan. Di Universitas Muhammadiyah Jambi penjadwalan perkuliahan masih dikelola dengan cara konvensional dan belum terintegrasi dengan sistem informasi dengan menggunakan draft penjadwalan untuk diisi secara manual dan kemudian menggunakan komputer untuk kerapian hasilnya namun penyusunan jadwal dengan cara ini membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan biaya serta akan mengalami banyak hambatan terutama dalam hal ketelitiannya.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menghasilkan suatu analisis terhadap sistem jadwal perkuliahan yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Jambi saat ini, Menghasilkan rancangan prototype Sistem Informasi Manajemen Jadwal Perkuliahan pada Universitas Muhammadiyah Jambi yang berbasis web sehingga meningkatkan efektfitas dan efisiensi pengelolaan jadwal perkuliahan, Mempercepat dalam proses pemberitahuan jadwal perkulihan sehingga kebutuhan pelayanan kepada mahasiswa, karyawan, dosen bisa terlayani dengan mudah.  Rancangan ini dibuat dengan menggunakan visual paradigm dan menggunakan teknik pemodelan berbasis objek untuk menggambarkan analisis dan desain sistem, yaitu dalam bentuk diagram use case, diagram class, dan diagram activity.

 Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan prototype sistem informasi Manajemen Jadwal Perkuliahan Pada  Universitas Muhammadiyah Jambi. Harapannya bahwa sistem tersebut dapat diimplementasikan secara langsung untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan sistem jadwal perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Jambi.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31