PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (SURVEI PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS JAMBI)

  • Rian Fitra Apriandi Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, motivasi, kepercayaan diri, pemahaman akuntansi

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai
pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan
kepercayaan diri dan minat sebagai varaiabel moderasi. Responden pada
penelitian ini berjumlah 145 mahasiswa akuntansi Universitas Jambi, tingkat
pemahaman akuntansi pada penelitian ini di proksikan dengan nilai mata kuliah
PAK I, PAK II, AKI I, AKI II, AKL I, AKL II, dan AKM. Penelitian ini
menggunakan pengujian hipotesis berupa regresi sederhana dan moderating
regression analysis (MRA) untuk mendapatkan hasil pengujian regresi, maka data
kuisioner yang didapatkan dalam bentuk dat ordinal fi transformasikan ke data
interval dengan menggunakan alat method of succesive interval (MSI).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh
terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Serta kepercayaan diri berpengaruh
terhadap hubungan antara kecerdasan emsional terhadap tingkat pemahaman
akuntansi dan minat tidak berpengaruh terhadap hubungan antara kecerdasan
emosinal dengan tingkat pemahaman akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-14