Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Anggaran Belanja Modal (Studi Empiris pada Pemerintah se-Provinsi Jambi Tahun 2010-2014)

  • Parassela Pangestu Universitas Jambi
  • Sri Rahayu Universitas Jambi
  • Fitrini Mansur Universitas Jambi
Keywords: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), belanja modal, analisis regresi linear berganda, SPSS 22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap belanja modal. Penelitian ini menggunakan sampel Kabupaten dan Kota di Provinsi Jambi periode 2010 – 2014. Ada 9 Kabupaten, 2 Kota, dan 1 Provinsi yang menjadi subjek penelitian ini, yaitu Kabupaten Batanghari, Kabupaten Bungo, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Merangin, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tebo, Kota Jambi dan Kota Sungai Penuh, serta Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan masing-masing pemerintah daerah. Data penelitian berjumlah 60 data. Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS versi 22 for windows. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Hipotesis pertama, hasil menunjukkan bahwa PAD dan DAU berpengaruh terhadap belanja modal. Hipotesis kedua, PAD berpengaruh terhadap belanja modal. Hipotesis ketiga DAU tidak berpengaruh terhadap belanja modal.

Published
2022-05-20