PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, MOTIVASI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

  • Rian Fitra Apriandi Program Studi Akuntansi Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, motivasi, kepercayaan diri, pemahaman akuntansi

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan motivasi terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderating. Responden pada penelitian ini berjumlah 118 mahasiswa akuntansi Universitas Jambi, tingkat pemahaman akuntansi pada penelitian ini di proksikan dengan nilai mata kuliah PAK I, PAK II, AKI I, AKI II, AKL I, AKL II, dan AKM. Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis berupa regresi sederhana dan moderating regression analysis (MRA) untuk mendapatkan hasil pengujian regresi, maka data kuisioner yang didapatkan dalam bentuk dat ordinal fi transformasikan ke data interval dengan menggunakan alat method of succesive interval (MSI).  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kecerdasan emosional kecerdasan intelektial dan motivasi berpengaruh secra simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (2) secara parsial kecerdasan emosional kecerdasan intelektual dan motivasi berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi (3) kepercayaan diri dapat memoderasi kecerdasan intelektual dan motivasi teradap tingkat pemahamn akuntansi tetapi kepercayaan diri tidak dapat memoderasi kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-08