PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) PADA KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA AGRONIAGA, TBK TAHUN 2016 – 2021

  • Aditya Pradana Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: LDR, Keputusan Pemberian Kredit

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari LDR terhadap keputusan pemberian kredit subyek penelitian ini adalah PT. Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang bersifat time series per triwulan selama 5 (Lima) tahun dari tahun 2016 s/d 2021 yang bersumber dari laporan keuangan publikasi yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi.

Variabel independen penelitian ini adalah Loan To Deposit Ratio (LDR). Sedangkan untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah Keputusan pemberian kredit. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang didahului dengan dilakukan pengujian terhadap uji asumsi klasik, kemudian analisis regresi dan uji model yang terdiri dari analisis koefisien determinasi, uji simultan (uji F) serta uji parsial (uji t) dengan menggunakan bantuan program SPSS.

Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, diketahui bahwa hipotesis pertama Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pemberian Kredit PT. Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk.

Published
2021-12-30