Tinjauan Sistematis Perkembangan dan Relevansi Pelatihan Berbasis Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Penulis

Kata Kunci:

Virtual, Augmented, VR, AR, Pelatihan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan panduan tentang penerapan dan kajian-kajian akademis tentang pelatihan berbasis Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Kajian ini menggunakan metode systematic review untuk mengidentifikasi dan menganalisis penelitian-penelitian terkait pelatihan berbasi VR dan AR yang dilakukan selama periode 2021 hingga 2025. Data artikel penelitian di peroleh dengan menggunakan software harzing’s publish or perish (PoP) dan di visulisasikan menggunakan software VOSviewrer untuk melihat keterkaitan pembahasan. Penyaringan artikel dilakukan menggunakan Preferred Reporting Items for Systematic reviews and Meta-Analysis (PRISMA) Flow Diagram. Hasil tinjauan sistematis ini menunjukan bahwa penelitian tentang pelatihan berbasis VR dan AR pada 5 tahun terakhir (2021-2025) paling banyak dilakukan di bidang pendidikan, kemudian bidang industri, kesehatan, teknologi, dan manajemen. Dari kajian terhadap 20 artikel penelitian dapat dijelaskan bahwa pelatihan berbasis VR dan AR menawarkan potensi yang baik dalam efektifitas dan efisiensi peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan. Hasil analisis juga menemukan tren penurunan penelitian dalam 3 tahun terakhir. Penelitiandi masa depan diharapkan dapat melakukan kajian pengembangan yang mencakup lebih banyak bidang dan bersifat ekseperimental pada topik pelatihan berbasis VR dan AR.

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Tinjauan Sistematis Perkembangan dan Relevansi Pelatihan Berbasis Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). (2025). JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI), 8(1), 83-99. https://ejournal.unaja.ac.id/index.php/JMJ/article/view/1371