Peran Akuntansi Pertanggungjawaban dalam Penilaian Kinerja Pusat Biaya pada Exxonmobil Oil Indonesia Inc.

  • Marwan Setiawan Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Akuntansi pertanggungjawaban, Penilaian Kinerja, Pusat Biaya

Abstract

ExxonMobil Oil Indonesia yang sebelumnya bernama Mobil Oil Indonesia merupakan anak perusahaan Mobil yang beroperasi di Indonesia. Exxon dan Mobil, dua perusahaan besar melakukan merger menjadi ExxonMobil. Mobil Oil Indonesia pun menjadi berubah namanya yaitu ExxonMobil Oil Indonesia Inc. Merger ini tentu saja membawa dampak bagi ExxonMobil Oil Indonesia, yaitu terjadi perubahan struktur organisasi, proses dan prosedur penyusunan anggaran, sistem pencatatan dan pelaporan biaya, pengkodean rekening, penggolongan biaya terkendali dan tak terkendali, dan laporan pertanggungjawaban yang tidak lain merupakan akuntansi pertanggungjawaban.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan akuntansi pertanggungjawaban dan penilaian kinerja pusat biaya pada ExxonMobil Oil Indonesia setelah merger dan sejauh mana peran akuntansi pertanggungjawaban dalam menilai kinerja pusat biaya. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan penyebaran kuisioner. Data kuisioner dari responden diolah dengan menggunakan program SPSS 20.0 dan kemudian dilakukan analisis.

Kesimpulan yang didapat adalah akuntansi pertanggungjawaban dan penilaian kinerja pusat biaya telah dilaksanakan dengan baik oleh ExxonMobil Oil Indonesia. Akuntansi pertanggungjawaban yang telah dilaksanakan sangat membantu dalam melakukan penilaian kinerja pusat-pusat biaya.

Published
2021-12-29