Hibah Penelitian dan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Base Learning–PJBL)
DOI:
https://doi.org/10.35141/jmj.v4i1.770Keywords:
Project Based Lerning, Team Based Learning, Praktek Manajemen Usaha KecilAbstract
UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) merupakan kontributor terbesar dalam Produk Domestic Bruto (PDB) di Indonesia, yang telah menyerap 97% dari total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan pekerjaan. Artinya secara gabungan UMKM menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional, sementara Usaha Besar hanya menyerap sekitar 3% dari total tenaga kerja nasional. Sehingga menyiapkan mahasiswa sebagai tenaga siap kerja di industri ini menjadi sangat menantang. Saat ini perguruan tinggi tidak hanya bertujuan untuk membangun peserta didik untuk memiliki kemampuan intelegensi dalam pembelajaran, namun juga agar mereka mampu menciptakan solusi
permasalahan disekitarnya. Model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik akan mata kuliah Praktek Manajemen Usaha Kecil, setelah sebelumnya mereka telah menerima materi- materi yang berkaitan. Tujuan penelitian ini mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan metode Team Based Learning (TBL) dalam meningkatkan pemahaman peserta didik akan mata kuliah Praktek Manajemen Usaha Kecil. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif sebagai tahapan evaluasi atas penerimaan materi yang telah diberikan.