Strategi Pemasaran Produk dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Kabupaten Pangkep

  • Wiwiek Hidayati Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: Strategi Pemasaran, UMKM, Daya Saing, SWOT

Abstract

Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan UMKM. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan UMKM secara menyeluruh untuk meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan. Pentingnya strategi pemasaran adalah semakin kerasnya persaingan yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran yang tepat untuk UMKM dalam meningkatkan daya saing. Metode analisis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, industri pengolahan ikan bandeng memilih wilayah pemasaran produknya adalah wilayah Kabupaten Pangkep dan sekitarnya. Hal tersebut disebakan keterbatasan modal yang dimiliki umkm. Strategi pemasaran yang dilakukan hanya dengan kedekatan personal, berdasrkan pesanan dan penjualan pada toko. Kemampuan pemahaman dan dan pengelolaan segi digital dan ecommers sangat rendah, sehingga membuat pemilik umkm tidak memanfaatkan media sosial secara optimal.hasil analisis SWOT yang dilakuakn pada umkm pengolahan ikan bandeng menunjukkan ada beberapa strategi yang tealh dirumuskan dalam meningkatkan daya saing produk yaitu: Mengoptimalkan pemasaran produk dengan cara memanfaatkan teknologi sebagai sarana promosi, Meningkatkan kapasitas produksi karena persediaan bahan baku utama yang banyak, Menambah mitra usaha guna meningkatkan penjualan produk, memperluas wilayah penjualan dan promosi untuk menari konsumen.

Published
2022-12-19