Konsep Metode Sorogan pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Luqman Hakim Pekalongan

Penulis

  • Ziyada Nailil Husna Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.843

Kata Kunci:

Pembelajaran Metode sorogan Efektivitas Santri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses berjalannya pembelajaran dan efektivitas pembelajaran pada santri dalam penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Luqman Hakim Pekalongan. Metode sorogan adalah strategi pembelajaran secara individual, dimana setiap santri bergiliran untuk membaca, menjelaskan, atau menghafal materi yang telah dijelaskan sebelumnya. Penerapan metode tersebut menuntut Santri untuk mempelajari lebih dahulu bahkan menghafalkannya sebelum memulai pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh meliputi observasi, dan wawancara. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan hasil wawancara santri pondok pesantren Luqman Hakim Pekalongan. Hasil penelitian yang diperoleh yakni penerapan metode sorogan yang dilakukan di Pondok Pesantren Luqman Hakim Pekalongan berjalan baik, 50% santri mengaku lebih bisa memahami dan mengingat materi yang dipelajari. Metode ini juga 75% lebih mengefektivitaskan pembelajaran bagi para santri dan 75% bisa menciptakan suasana belajar yang lebih hidup.

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Konsep Metode Sorogan pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Luqman Hakim Pekalongan. (2023). JURNAL INOVASI EDUKASI, 6(2), 142-148. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.843