Kontribusi Minat, Kreativitas dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa UT Medan
Abstract
Penelitian ini mengekplorasi minat, kreativitas dan motivasi dalam belajar dan kontribusinya terhadap kemampuan berpikir logis mahasiswa, dalam konteks Universitas Terbuka. Kajian teori yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan adanya kontribusi minat, kreativitas dan motivasi dalam belajar terhadap kemampuan berpikir logis. Riset ini untuk bertujuan memvalidasinya dengan metode riset deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari populasi dengan teknik survei untuk mengukur minat, kreativitas serta motivasi, dan tes untuk mengukur kemampuan berpikir logis. Hasil penelitian memberikan pencarahan bahwa minat, kreativitas dan motivasi dalam belajar baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama berkontribusi signifikan terhadap kemampuan berpikir logis. Peneliti memberikan saran bagi peningkatan minat, kreativitas dan motivasi belajar mahasiswa yang menjadi responden pada penelitian ini.