PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE MODIFIKASI DAN GAYA KOGNITIF SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI SISWA PADA POKOK BAHASAN OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 KERINCI

  • Melinda Yusri Rizki Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share Modifikasi dan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan kogninitif tingkat tinggi, pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share Modifikasi terhadap kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa. Pengaruh yang signifikan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa. Interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif dalam mempengaruhi kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian eksprimen semu dengan menerapkan desian faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 kerinci. Sampel penelitian terdiri dari 1 kelas eksprimen 1 kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua macam instrument, yakni instrument Group Embedded Figures Test (GEFT) untuk mengukur gaya kognitif siswa dan instrument test kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa dalam bentuk essay.

Uji statistik yang digunakan adalah dengan menggunakan anova dua jalur untuk melihat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Modifikasi dan pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa serta interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Uji lanjut menggunakan uji t untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan gaya kognitif siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-23