Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VII Pada Materi Operasi Aljabar di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Astri Ramadhani Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Nurjannah Universitas Islam Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.900

Keywords:

Diagnostik, Kesulitan Belajar, Opperasi Bentuk Aljabar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa pada materi operasi bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian yang berjenis penelitian deskrptif melalui pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar yang dialami siswa khususnya pada materi operasi aljabar. 3 orang siswi kelas VII MTS Al Markaz Darul Istiqomah Sinjai merupakan subjek dari penelitian ini.  Tes diagnostik, observasi serta wawancara merupakan metode pengumpulan data yang digunakan.  Dari hasil penelitian ini menunjukkan bebeapa kesulitan seta kendala belajar yang dialami siswa pada materi operasi aljabar diantaranya kurang teliti dalam menyelesaikan soal, kesulitan dalam kemampuan menggunakan konsep aljabar, materi prasyarat juga mengalami kesulitan diantaranya pada operasi bilangan bulat serta kesalahan tanda positif dan negatif. Yang mana materi prasyarat adalah dasar untuk mempelajari materi aljabar. Kendala selanjutnya adalah lupa materi disebabkan jarang melakukan pengulangan pada materi serta kurangnya semangat dan minat untuk mempelajari operasi bentuk aljabar. Kesulitan dan kendala ini harus diatasi sebab materi bentuk aljabar sangat penting karena merupakan dasar untuk materi berikutnya.

Downloads

Published

2023-10-31