Konsep Metode Sorogan pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Luqman Hakim Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.843Keywords:
Pembelajaran Metode sorogan Efektivitas SantriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses berjalannya pembelajaran dan efektivitas pembelajaran pada santri dalam penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Luqman Hakim Pekalongan. Metode sorogan adalah strategi pembelajaran secara individual, dimana setiap santri bergiliran untuk membaca, menjelaskan, atau menghafal materi yang telah dijelaskan sebelumnya. Penerapan metode tersebut menuntut Santri untuk mempelajari lebih dahulu bahkan menghafalkannya sebelum memulai pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh meliputi observasi, dan wawancara. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan hasil wawancara santri pondok pesantren Luqman Hakim Pekalongan. Hasil penelitian yang diperoleh yakni penerapan metode sorogan yang dilakukan di Pondok Pesantren Luqman Hakim Pekalongan berjalan baik, 50% santri mengaku lebih bisa memahami dan mengingat materi yang dipelajari. Metode ini juga 75% lebih mengefektivitaskan pembelajaran bagi para santri dan 75% bisa menciptakan suasana belajar yang lebih hidup.