Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Matematika dengan Media Modul Siswa kelas XI Multi Media
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.834Keywords:
Penelitian tindakan kelas, Media Modul, Ketuntasan Hasil BelajarAbstract
Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama, Tindakan tersebut diberikan oleh guru atau dengan arahan dari guru yang dilakukan oleh siswa. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, maka dari hasil observasi dan hasil refleksi dapat diambil kesimpulan bahwa pada pembelajaran Matematika dengan media modul mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan siswa pada siklus I, dimana hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 65. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus II adalah 75 yang artinya telah mencapai KKM pada mata pelajaran matematika yakni ≥ 70. Sedangkan untuk ketuntasan individual pada siklus II telah mencapai 84,37%, maka penelitian ini bisa dikatakan berhasil dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa