Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Learning Cycle 5E dan Model Learning Cycle 7E

Authors

  • Desbi Kumalasari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v3i2.761

Keywords:

Hasil Belajar, Model Learning Cycle 5E, Model Learning Cycle 7E

Abstract

Guru memberikan begitu saja konsep tentang topic yang sedang dipelajari sehingga siswa tidak diberikan kesempatan untuk mengkonstruksikannya sendiri.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan mengubah cara penyajian materi agar siswa merasa lebih tertarik dan lebih banyak melibatkan siswa didalam proses pembelajaran. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kreatifitas seorang guru dalam memilih dan menggabungkan berbagai pendekatan, strategi ataupun model pembelajaran. Model yang dianggap sesuai untuk mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran siklus (learning cycle). Model ini merujuk pada pendekatan konstruktivisme. Model ini juga memperhatikan perbedaan individu yang terlihat dari fase pendahuluan yaitu menggali kemampuan awal siswa juga membiarkan mereka mengutarakan pengetahuan yang mereka miliki. Model pembelajaran learning cycle juga sesuai dengan pendapat Gagne mengenai sembilan peristiwa belajar. Dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan oleh sebab itu tema penelitian ini adalah Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Learning Cycle 5e dan Model Learning Cycle 7e dengan Pendekatan Saintifik di kelas VIII SMP. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif.

Downloads

Published

2020-10-31