Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v2i2.760Keywords:
Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Peningkatan Mutu PendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar matematika dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMP Advent VII Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui survei lapangan dengan pendekatan korelasional. Variabel penelitian terdiri atas satu variabel bebas yaitu kecerdasan emosional siswa dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar pelajaran matematika. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Hasil uji validitas soal menunjukkan bahwa dari 30 butir tes hasil belajar yang diujicobakan hanya 25 butir yang diyatakan valid. Selanjutnya uji normalitas data menunjukkan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Selanjutnya untuk menguji homogenitas data digunakan uji Fiser (F) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa fhitung < ftabel yaitu 1,772 < 1,858 sehingga dapat disimpulkan bahwa populasi yang digunakan merupakan populasi yang homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Advent VII Jakarta.