Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika siswa melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Setting Group Investigation
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v3i1.732Keywords:
Minat Belajar, Guided Discovery, Group InvestigationAbstract
Minat belajar merupakan aspek afektif yang penting dalam pembelajaran matematika. Aspek ini menjadi salah satu dasar keberhasilan siswa dalam pencapaian pemahaman materi maupun prestasi dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan minat dalam pembelajaran matematika menggunakan model guided discovery setting group investigation pada kelas VIII E SMP 6 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan minat belajar matematika siswa kelas VIII E SMP N 6 Yogyakarta semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dirancang menggunakan model siklis. Desain penelitian tindakan ini dirancang dalam beberapa 4 tahapan untuk setiap siklus yang mengacu pada model Kemmis dan McTaggart (Koshy, 2010: 5), yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Tindakan penelitian dilakukan dalam kompetensi dasar menentukan gradien, persamaan, dan grafik garis lurus dan Sistem persamaan linear dua variabel. Untuk siklus pertama pada materi persamaan garis lurus dan siklus dua pada materi Penelitian dirancang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan setelah diterapkan model guided discovery tipe Group Investigation (GI) minat belajar matematika siswa meningkat hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator dalam mengukur minat siswa tersebut. kondisi minat siswa sebelum diberikan perlakuan adalah sebesar 81,68% atau sedang, kemudian setelah diberikan perlakuan kondisi minat siswa berubah untuk siklus 1 adalah sebesar 101,94% dan untuk siklus 2 adalah 103,39%. Berdasarkan apa yang telah dikemukakan diatas maka pembelajaran dengan menggunakan model Guided discovery setting Group Investigation (GI) dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa.