Improving Student’s Vocabulary Mastery by Using Hot Seating Strategy (HST)

  • Dona Surizal
  • Fauzul Aan
Keywords: Hot Seating Strategy (HSS), Penguasaan Kosakata, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Berdasarkan pengamatan ada beberapa masalah yang dihadapi oleh siswa seperti rendahnya penguasaan kosakata, pemahaman yang buruk terhadap kata-kata Sulit. Oleh karena itu, guru menerapkan Hot Seating Strategy (HSS) untuk mengubah model pengajaran sebelumnya dan mendapatkan peningkatan penguasaan kosakata siswa yang lebih baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah Seating Strategy (HSS) dapat meningkatkan penguasaan Kosakata siswa dan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan penguasaan Kosakata. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dari tiga siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Peneliti bekerja sama dengan kolaborator untuk mengumpulkan data dari observasi, catatan lapangan, wawancara, dan tes di setiap langkah dari tiga siklus.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama rata-rata siswa untuk kedua pemahaman Kosakata adalah 28,2 (buruk). Pada siklus kedua, beberapa perbaikan dilakukan berdasarkan kelemahan pada siklus pertama. Mean untuk memahami Kosakata meningkat hingga 67,3 (adil). Pada siklus ketiga, beberapa perbaikan masih dilakukan berdasarkan kelemahan pada siklus kedua. Mean untuk memahami Kosakata meningkat hingga 87,1 (sangat baik). Kesimpulannya, Seating Strategy (HSS) dapat lebih meningkatkan penguasaan kosakata siswa.

Published
2020-02-29