Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa SDI Onekore 4
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v1i2.698Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari.penelitian ini.yaitu untuk mengetahui penerapan Strategi. Pembelajaran
Berbasis Masalah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada Peserta Didik
Kelas IV. SDI. Onekore 4 Kabupaten Ende. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik. Kelas IV. di SDI. Onekore 4 yang
berjumlah 19 orang. Adapun Data dalam penelitian Ini diperoleh dengan menggunakan
tes.,observasi dan dokumentasi. Hasil .penelitian .ini .menunjukkan terjadinya peningkatan.
hasil. Belajar IPS siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran berbasis masalah. Hal
ini. tampak pada peningkatan presentasi. hasil belajar klasikal pada kondisi pra siklus
21,05%, siklus I naik menjadi. 42,10% dan pada siklus. II. naik menjadi. 100%. Hasil
penelitian ini dapat dijadikan alternative dalam pemilihan strategi pembelajaran.